Selasa, 03 Maret 2009

UPACARA (TANPA) BENDERA

cerita dimulai dari hari jum’at (27/02), dimana pas jam pelajaran matematika, wali kelas kita tersayang bapak aryo putranto mengingatkan kalo hari senin kelas kita yang kebagian jadi petugas upacara, untuk itu harap segera dibentuk susunan petugasnya supaya bisa latihan. kebetulan pas pertemuan itu pak aryo pulang cepet (yang katanya mau ngurus ktp), nah disitu –jujur- feel gue udah gak enak gitu, ngeliat pak aryo keluar, kita malah bukannya bikin susunan petugas upacara, tapi malah wara-wiri dan ribut sendiri (gue nggak nyalahin siapapun kok, gue sendiri juga kayak gitu). udah pesimis gue, hehhe..

dan atas didorongkan rasa cinta pada elsodom,
pas hari sabtu pagi, gue sempet sms-an sama lupita, dia ini ketua ekskul paskibra di smansa. tanya-tanya tentang upacara gitu, dan kira-kira paskib mau ngelatih kelas kita atau gak. tapi, unfortunately, kayaknya paskib gak ada waktu buat ngelatih kita. soalnya sepanjang akhir minggu kemarin, lapangan pasti selalu dipake buat kolabs. udah dag-dig-dug aja deh gue. tapi, beberapa temen-temen gue yang dari laen kelas pada bilang, “udah jar, nyantai aja, palingan juga nanti paskib yang jadi petugas.” oke, setelah mendengar banyak orang ngomong gitu, gue jadi tenang.

TAPI,
rupanya ketenangan gue gak berlangsung sampe senin pagi. hari senin kmaren (02/03), jam 06:19, si lupita tiba-tiba sms gue, isinya kurang lebih gini: fajar, kelasnya gimana tuh? udah siap kand jadi petugas?

padahal, jam 06:19 itu gue masih ada di rumah. di jalan, gue masih mikirin tuh upacara bakal jadi kayak apa, tapi gue coba berpikir positif aja, gue yakin: semuanya pasti oke-oke aja.

sesampainya di skola,
gue gak tau prosesnya gimana, tapi beberapa petugas udah kepilih dalam situasi mendesak itu. protokol (alda n tante), pembaca doa (mandun), UUD (agung), dan pancasila (ifa).

yauda,
kita semua ke lapangan dengan hati santai-santai aja. seolah semua udah teratasi.

UPACARA DIMULAI,
dan gak ada satupun dari kita yang sadar kalau kita masih kekurangan 2 orang pemimpin pasukan, 1 orang tura, 3 orang pengibar bendera, dan yang paling krusial adalah kita gak punya pemimpin upacara. karna ternyata pak aryo minta ama paskib supaya semua petugas itu dari kelas kita.

alda dan tante memulai aksinya,
“assalamualaikum wr.wb. upacara hari senin, tanggal 2 maret tahun 2009 siap dimulai. pemimpin pasukan menyiapkan pasukannya masing-masing.”

dan kalian pasti masih inget kand apa yang terjadi setelah itu?

suasana jadi sepi, hening, dan *siing* banget. yaiyalah, orang pemimpin pasukannya gak ada sama sekali. tapi, setelah beberapa detik, ada satu orang yang dengan inisiatif memberanikan diri untuk maju buat memimpin 2 angkatan itu, gue gak liat sih, tapi kalo gue gak salah hafal, itu suaranya fadli.

setelah itu,
alda dan tante nerusin baca panduan acara. “pemimpin upacara memasuki lapangan upacara.”

gue heran banget, knapa alda ama tante nekad nerusin baca panduan acara PADAHAL MEREKA TAHU kalo disamping mereka itu gak ada orang yang bersiap jadi pemimpin upacara. ckck..

dan kalian pasti masih juga inget kand apa yang terjadi setelah itu?

suasananya tambah sepi, hening, dan *siing* banget. 2 kali lipat lebih sepi dibanding ketiadaan pemimpin pasukan tadi. dan disitu, orang-orang mulai menyadari keanehan yang terjadi. kalo gue gak salah inget, antara pak achmadi/pak aryo tiba-tiba ngomong di mic, “gimana ini petugasnya? ayo, is2 satu orang maju jadi pemimpin.”

dan gak ada satupun dari kita yang berani berkutik. sampai akhirnya bu eka turun tangan dan mendatangi kelas kita, mukanya udah serem banget gitu.

“ayo-ayo, cepet IS 2 yang paskib maju 3 orang,” tapi gak ada satupun dari kita yang menjawab, bu eka mengulang perintahnya berulang kali, tapi kita semua tetep diem aja.

karna kasian ngeliat bu eka dikacangin, gue jawab perintah dari bu eka dengan fakta yang sangat menyakitkan, “bu, maaf, tapi kelas IS 2 gak ada yang paskib.”

bu eka sempet shock gitu kayaknya ngedenger jawaban gue, tapi kemudian secara tegas beliau bilang, “harus bisa. pokoknya IS 2 hari ini harus jadi petugas,”. dan secara spontan dia narik tangan gue sama dina trus bilang, “udah kalian maju sana, jadi petugas,”

muka gue saat itu udah melaaasss banget. gue tatap satu persatu anak IS 2, minta diselametin, tapi kayaknya emang udah gak ada pilihan lain. dan dengan sikap pasrah, gue sama dina jalan ke depan buat siap jadi petugas, tapi sebelumnya gue sempet ngedatengin hendry, kurang lebih maksa dia buat jadi petugas juga. akhirnya si hendry ikut ke depan bareng kita dan siap-siap jadi petugas.

di depan,
di bagian samping, kita masih ribut sendiri tentang pembagian tugas, siapa mau jadi apa. dan kesimpulannya, gak ada yang mau jadi pemimpin upacara. gue, dina, alda, tante, jelas udah gak bisa, soalnya umumnya kand di smansa pemimpin upacara itu cowok. dan mandun, hendry, sama agung juga pada gak mau.

di saat kita lagi desperate kayak gitu,
tiba-tiba aja gue liat ada keajaiban dateng. si arief, ketua kelas kita itu teman-teman, dengan berani dia jalan dari arah barisan kelas kita ke tempat petugas upacara.

beneran nih,
waktu gue liat arief, kayak udah liat pahlawan aja. at least, gue yakin dia akan ‘menyelamatkan’ upacara hari ini dan menjaga nama baik martabat kelas kita. disitu gue sempet merasa berdosa banget, pasti temen-temen yang laen juga kand? pasti kita gak nyangka dong, si arief yang biasanya tiap hari cengengesan gitu tiba-tiba aja dengan nyalinya yang oke banget berani jadi pemimpin upacara. padahal gue yakin, pengalamannya nol besar.

dengan dikasih sedikit instruksi dari ega (anak paskib yang waktu kejadian ada di tempat para petugas upacara), si arief masuk ke lapangan. baru ngeliat dia masuk aja, gue sama dina udah ketawa ngakak. ya ampun, anak ini jalannya aja gak bisa!

dan kalo temen-temen mau tau kemana perginya tuh bendera,
jadi gini..sebenernya gue-dina-dan ega, udah siap-siap jadi petugas pengibar. gue-dina udah kuatin nyali, soalnya seumur hidup kita gak pernah punya pengalaman jadi pengibar bendera. kita minta instruksi dikit-dikit dari ega, gue kira semuanya udah oke. sampai akhirnya ega menyadari, kalo kita salah ngelipet bendera! ini bukan perkara mudah temen-temen, kalo salah lipet gini, pasti di depan bakal kacau, yang benderanya bakal kebalik lah, keserimpet lah, gak bisa dikibarin lah, dsb dst. akhirnya, beberapa detik sebelum kita seharusnya maju, ega dengan sopannya bilang, “gue ambil benderanya disana dulu ya jar.” gosh, karna panik, gue nyerocos ke ega. “gak bisa gitu dong ga, lo mau pergi kemana? lama gak? abis ini kita loh. egaaaa…!” tapi dengan santainya ega bilang, “tenang aja jar.” yaiyalah dia tenang, orang abis itu dia langsung kabur dari tkp.

dan waktu alda-tante bilang, “pengibaran bendera merah putih”. gue-dina udah bener-bener pasrah, mau gimana lagi? kita cuma berdua, trus lebih parahnya lagi gak ada benderanya! apa yang mau dikibarin?

suasana jadi sepi, sunyi, *siing* lagi, orang-orang nunggu mana petugas benderanya, tapi gue-dina cuma diem aja di tempat. akhirnya pak aryo inisiatif ngomong, “lanjutkan,”. alhamdulillah..

upacara yang bener-bener kocak, konyol, tolol, cacad banget deh pokoknya. si arief sih gue acungin jempol buat keberaniannya, tapi ngasih instruksi pas upacara aja dia salah melulu. udah mejeng di depan gitu tapi berdirinya gak tegak, beberapa kali salah ngasih instruksi, dan yang menurut gue paling kocak adalah pas bagian dimana upacara udah mau selesai dan seharusnya kita ngasih penghormatan ke pembina upacara, tapi si arief bukannya ngasih instruksi eh malah berdiri membelakangi pembinanya! sumpah, itu parah banget. mungkin dia kira penghormatan itu yang buat pemimpin upacara kali ya? mana untuk sekian detik itu dia gak nyadar-nyadar juga lagi, baru setelah dia tahu orang-orang pada ngetawain dia, baru deh dia balik arah menghadap pembina lagi. tapi, herannya, orang-orang malah tepuk tangan meriah banget buat arief.

upacara ini, pasti bukan cuma jadi kenangan buat elsodom, tapi juga satu smansa. setelah upacara, banyak banget anak-anak kelas lain yang komentar “ini upacara teraneh yang pernah gue alamin,”. dan gara-gara kita, anak paskibra jadi dimarahin. dan mulai minggu depan anak-anak psgtc gak nyanyi lagi pas upacara, karna di upacara ini, gak ada menyanyikan lagu wajib nasional bareng-bareng.

setelah upacara,
pak aryo ke kelas kita,
dan anehnya, dia gak marah sama sekali. malah bilang, “klop kand? wali kelasnya kayak gini, eh muridnya kayak kalian.” hahaha, itu komentar apa sih pak? untungnya kata pak aryo pak achmadi juga gak marah.

selamatlah kita semua pada pagi itu.

dan kita mulai melanjutkan belajar seperti biasa,
pelajaran pertama hari itu sosiologi. bu tarry masuk dan mengomentari upacara kita, trus dia juga ngasih pesen ke kita (tapi malah buat kita jadi ketawa), pesan dari bu tarry: SEMANGAD YAA IS 2!

5 komentar:

  1. jar...
    dulu pas kelas 2 smp (8.9) kita gampang banget ya jadi petugas, karena 10 orang anak paskib, tapi yang ini ga ada hahahha

    hahaha IS2 gawat gawat !!

    BalasHapus
  2. anjir, pas bagian penghormatan utk pembina upacara.. gw kesel bgt tuh sm anak kelas 1 yg berdiri di blkg gw..

    dia nyuruh gw buat balik badan.. pas gw udh ngehadep ke mreka, gw malah diketawain.. :(

    imej sebagai cowo baik2 yg santun, yg selama ini gw bangun dengan susah payah, harus runtuh hari itu :(

    BalasHapus
  3. "kalian harus contoh arief, walaupun dia ga punya persiapan sama sekali, tapi dia udah punya nyali dan berani maju ke depan, oleh karena itu, skarang smua aplaus dulu buat arief!"
    Pak Achmadi aja blng gtu...
    Hebat2... :)

    BalasHapus
  4. jgn lupa son, pas pertama kali gw maju, dia bilang gini..
    "rambutnya gondrong.. itu contoh yg ga perlu ditiru"

    BalasHapus
  5. pengalaman tidak terlupakan untuk para pelakunya (Y) udah satu tahun berlalu ya kejadiannya

    BalasHapus